Demam Berdarah di Indonesia

Demam Berdarah di Indonesia merupakan salah satu jenis penyakit yang menakutkan. Penyakit DBD bukanlah penyakit baru karena terjadi hampir setiap tahun seiring dengan perubahan musim, dari musim penghujan ke musim kemarau. Masyarakat Indonesia sudah tahu tanda-tanda dan cara penularan penyakit DBD, karena DBD masuk ke Indonesia sejak 36 tahun lalu.

Pencegahan Penyakit Demam Berdarah di Indonesia

Pencegahan penyakit demam berdarah dengue yang sering terjadi di indonesia pun sederhana saja dan tidak perlu teknologi tinggi seperti pada kasus SARS yang untuk memastikan penyakitnya perlu pemeriksaan laboratorium di Atlanta. Hanya saja untuk memberantas DBD diperlukan langkah jelas dengan menumbuhkan perubahan sikap dan kesadaran semua pihak, terutama masayarakat dalam menjaga kebersihan lingkungannya.

Dengan jumlah penduduk besar, seharusnya masyarakat Indonesia bisa jadi kekuatan, tolong menolong, dan bergotong royong membersihkan lingkungan.

Bayangkan hanya dengan langkah sederhana yaitu pemberantasan sarang nyamuk (PSN) yang dilakukan dengan kegiatan 3M, seharusnya mata rantai penularan Aedes Aegypti sebagai penyebab DBD dapat di putus, sehingga tidak sampai menyebar luas.

Penularan Demam Berdarah di Indonesia

Penyakit demam berdarah yang sering menyerang warna di hampir seluruh indonesia ini ditularkan melalui gigitan nyamuk aedes aegypti yang mengandung virus dengue dalam tubuhnya. Kita dapat mencegah adanya penularan penyakit demam berdarah ini dengan cara waspada terhadap gigitan nyamuk aedes aegypti. Ciri-cici dari nyamuk aedes aegypti ini adalah :

  • tubuh dari nyamuk aedes aegypti yang berwarna hitam dengan belang-belang putih.
  • nyamuk aedes aegypti yang berkembang biak di tempat penampungan air disekitar rumah dan barang-barang yang memungkinkan air tergenang didalamnya seperti di dalam bak mandi, tempayan, drum, vas bunga, dan barang bekas, dll.
  • kelemahan dari nyamuk aedes aegypti ini adalah tidak dapat hidup di selokan atau kolam yang airnya langsung bersentuhan dengan tanah.
  • nyamuk aedes aegypti ini memiliki kebiasaan menggigit manusia di pagi dan sore hari.
  • nyamuk aedes aegypti ini hanya mampu terbang hingga 100 meter saja.

Penanganan Pasien Demam Berdarah di Indonesia

Penanganan yang mungkin dapat kita lakukan untuk penderita penyakit demam berdarah dengue adalah :

  • Monitor atau selalu memperhatikan perkembangan suhu tubuh dari penderita gejala demam berdarah setiap harinya;
  • Bawa penderita kembali kedokter bila demam yang dialami berlangsung 3 hari.
  • Istirahat dan asupan cairan yang cukup merupakan 2 hal yang sangat penting untuk penderita infeksi virus dengue.
  • Apabila penderita merasakan tubuhnya yang semakin lemas, muntah, sulit makan atau nafsu makan yang semakin lama semakin menurun, perlu dilakukan pemberian cairan tambahan melalui infus oleh dokter atau perawat.
  • Bila dilihat dari hasil laboratorium menunjukkan anda-tanda atau gejala penurunak trombosit atau peningkatan hematokrit, maka penderita penyakit ini harus dirawat di rumah sakit.
  • Pasien penderita penyakit demam berdarah haru selalu diawasi agat tidak mengalami syok yang ditandai dengan rasa lemas, mengantuk, dan pingsan, sementara kaki pasien terasa sangat dingin.

Pengobatan Deman Berdarah di Indonesia

Penderita penyakit demam berdarah dapat melakukan pengobatan dirumah sakit dan juga dapat dibantu dengan penggunaan obat tradisional. Biasanya penderita yang menjalani perawatan atau pengobatan dirumah sakit akan diberikan cairan infus untuk membantu mengencerkan darah dalam tubuh. Selain itu, dokter akan memberikan obat penurun demam kepada penderita pasien demam berdarah, namun sayangnya obat yang diberikan bukan obat yang digunakan untuk memerangi penyakit demam berdarah itu sendiri melainkan hanya untuk membantu pasien menurunkan panas atau demam yang dialami.

Demam berdarah di Indonesia menyebabkan kentalnya darah yang ada di dalam tubuh, karena terjadi penurunan trombosit hingga di bawah batas normal dari batas yang sudah ditentukan di dunia medis. Untuk demam berdarah yang ringan, pada umumnya dapat sembuh sendiri tanpa harus dirawat inap bila penderita meminum banyak air dan memperkuat daya tahan tubuh.

Selain itu anda juga dapat menggunakan daun pepaya untuk pengobatan demam berdarah di indonesia. Siapkan 5 lembar daun pepaya yang masih muda, garam secukupnya, 2 sendok makan madu, dan ½ liter air. Cara pembuatan dari ramuan untuk demam berdarah ini adalah dengan mencuci daun pepaya muda hingga bersih.

Kemudian, rebus daun pepaya muda tersebut dalam 1/2 liter air hingga airnya hanya tinggal tersisa tiga perempatnya saja atau kurang lebih dapat anda sisakan satu gelas. Angkat ramuan tersebut dan saring ampasnya. Untuk meminum ramuan ini, tambahkan garam dan madu secukupnya untuk menyeimbangkan rasa dari daun pepaya yang pahit. Lalu aduk hingga merata dan ramuan siap untuk anda konsumsi. Minum ramuan daun pepaya ini selagi masih hangat sebanyak 3 kali sehari, setiap pagi, sore, dan sebelum tidur hingga penyakit demam berdarah anda membaik dan sembuh.

Proses penyembuhan ini dapat dibantu dengan mengkonsumsi makanan dan minuman yang sehat dan mengandung vitamin C, mineral, protein yang baik untuk tubuh. Misalnya mengkonsumsi buah jeruk atau jus jeruk yang mengandung banyak vitamin C yang dapat meningkatkan antibodi pada tubuh penderita demam berdarah di Indonesia. Zat antibodi sangat dibutuhkan untuk mempercepat proses pemulihan penderita penyakit demam berdarah.

Demam Berdarah di Indonesia

 


=====================================

>>> Obat Demam Berdarah Membantu Mengatasi Demam Berdarah, Meningkatkan Trombosit, dan Menguatkan Kekebalan Tubuh Alami, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Penyakit Demam Berdarah and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>