Gejala Demam Berdarah dengue

 Gejala Demam Berdarah dengue yang paling menonjol adalah demam tinggi.

Dari pertama munculnya beberapa gejala dan tanda, keadaan penderita demam berdarah dapat menjadi parah dan menyebabkan kematian. Oleh sebab itu, pertolongan dan pengobatan harus segera diberikan untuk menghindarinya.

Demam berdarah biasanya terjadi lamanya sekitar 6-7 hari. Hal ini kemudian berpuncak pada demam lebih kecil yang sering terjadi pada akhir masa demam.
Secara klinis, jumlah platelet akan jatuh hingga pasien dihinggapi afebril.
Sesudah inkubasi selama 3-15 hari orang yang tertular dapat mengalami dengan salah satu dari 4 bentuk berikut ini :
1. Bentuk abortif, penderita tidak merasakan suatu gejala apapun
2. Dengue klasik, penderita mengalami dmeam tinggi selama 4-7 hari, nyeri pada tulang, diikuti dengan munculnya bintik-bintik atau bercak-bercak pendarahan dibawah kulit.
3. Dengue haemorrhagic fever, gejalanya sama dengan dengue klasik ditambah dengan pendarahan dari hdung, mulut, dubur, dan sebagainya.
4. Dengue syok sindrome, gejalanya sama dengan Gejala Demam Berdarah dengue ditambah dengan syok atau pesyok. Bentuk ini sering berujung pada kematian

Karena seringnya terjadi pendarahn dan syok maka penyakit ini angka kematiannya cukup tinggi. Oleh karena itu setiap penderita harus segera dibawa ke dokter atau rumah sakit.

Gejala Demam Berdarah dengue terjadi dengan melewati 3 fase yang sudah sering dikenal dengan fase demam, fase kritis, dan fase penyembuhan.

– Pada face demam terjadi biasanya akan mengalami demam yang tinggi. Panas badan yang tinggi mencapai 40 derajat celcius dan sakit kepala yang berlangsung selama kurang lebih 2 hingga 7 hari. Tidak semua pasien pada fase ini akan mengalami gejala demam berdarah dengue berupa ruam yang muncul dikulit. Ruam tersebut akan berubah menjadi seperti campak akan terjadi pada hari ke 4 hingga hari ke 7.  Bintik pada kulit yang muncul disebabkan karena pembuluh kapiler yang pecah. Demam yang dialami pada fase ini cenderung akan berhenti dan tubuh akan pulih, namun penderita akan mengalami demam kembali yang terjadi selama satu hingga dua hari.

– Pada face kritis, demam tinggi akan mulai mereda yang berlangsung selama hingga 2 hari. Selama fase ini berlangsung cairan dapat menumpuk di dalam dada dan abdomen yang terjadi karena adanya pembuluh darah yang bocor. Cairan yang menumpuk di dada semakin lama akan semaki banyak dan akan berhenti untuk bersirkulasi di dalam tubuh. Apabila penumpukan yang terjadi semakin banyak organ vital dalam tubuk tidak akan mendapatkan asupan darah seperti biasanya dan tidak akan dapat bekerja secara normal. Penderita akan mengalami gejala demam berdarah seperti pendarahan yang parah.

– Pada fase penyembuhan cairan yang keluar dari pembuluh darah akan ditarik kembali ke dalam aliran darah. Fase ini berlangsung selama kurang lebih 2 hingga 3 hari yang membuat pasien akan semakin pulih pada fase ini. Gejala demam berdarah yang mungkin akan muncul pada fase penyembuhan ini berupa gatal ya parah dan detak jantung penderita yang mulai melemah.

Penyebab Gejala Demam Berdarah dengue

Gejala penyakit demam berdarah disebabkan oleh virus dengue yang berasal dari nyamuk aedes aegypti. Penyebab lain dari penyakit ini adalah air bak di kamar mandi yang tidak dikuras atau tidak pernah diganti yang bisa menjadi sarang nyamuk. Nyamuk jenis ini sangat suka dengan genangan air, terutama genangan air yang bersih. Banyaknya tempat penampungan atau penyimpanan air yang tidak di tutup juga dapat menjadi penyebab gejala penyakit demam berdarah. Penyimpanan air yang dimaksu adalah penampungan yang berupa gentong air atau penampungan yang lainnya.

Penyakit Demam Berdarah ini ditularkan oleh gigitan nyamuk Aedes aegypti yang mengandung virus Dengue yang menjadi penyebab gejala demam berdarah dengue.
Ciri-ciri nyamuk Aedes aegypti yang perlu anda waspadai adalah :

  • Tubuh nyamuk yang berwarna hitam dan belang- belang putih
  • Nyamuk jenis ini dapat berkembang biak di tempat penampungan air ( TPA) dan barang-barang yang memungkinkan air tergenang seperti: Bak mandi, tempayan, drum, vas bunga, ban bekas, dll.
  • Biasanya nyamuk penyebab penyakit ini akan menggigit manusia pada pagi atau sore hari
  • Nyamuk ini hanya mampu terbang sampai 100 meter

Pertolongan Pertama

Dalam menangani kasus penyakit demam berdarah hanya perlu bermain dengan cairan. Cairan yang diberikan saat terjadi kebocoran harus banyak, namun saat kebocoran sudah selesai maka dalam waktu 2 x 24 jam asupan cairan yang diberikan untuk pasien harus dikurangi. Berikut beberapa hal yang bisa dilakuka sebagai bentuk pertolongan pertama untuk penderita gejala demam berdarah dengue yaitu :

  1. Memberi pasien minum cairan atau air putih sebanyak mungkin untuk menghindari dehidrasi yang mungkin akan terjadi.
  2. Kompres penderita dengan kain yang sudah dibahasi dengan air dingin yang dilakukan hingga panas turun.
  3. Berikan obat penurun panas untuk penderita.
  4. Apabila demam yang dirasakan pada penderita tidak turun dalam 3 hari atau demam yang semakin meningkat, ada baiknya anda segera membawa penderita penyakit demam berdarah ini kerumah sakit atau uskesmas untuk mendapatkan pengobatan lebih lanjut.
  5. Jika penderita tidak bisa diberi minum atau malah muntah terus yang disertai dengan kondisi yang bertambah parah, dan kesadaran yang menurun atau hilang maka penderita harus dirawat dirumah sakit untuk melakukan perawatan yang khusus untuk penderita penyakit demam berdarah.

Gejala Demam Berdarah dengue


=====================================

>>> Propolis Melia Nature Untuk Mengobati Demam Berdarah dan Penyakit Lainnya, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Penyakit Demam Berdarah and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *