Pemeriksaan Demam Berdarah Dengue

Pemeriksaan Demam Berdarah Dengue NS1 Antigen adalah pemeriksaan terhadap antigen non struktural-1 dengue (NS1) yang dapat mendeteksi infeksi virus dengue dengan lebih awal dibandingkan pemeriksaan antibodi dengue, bahkan pada hari pertama mulai demam. 

Pemeriksaan Demam Berdarah Dengue 

Pemeriksaan demam berdarah dengue NS1 Antigen sebaiknya dilakukan pada penderita yang mengalami demam disertai gejala klinis infeksi virus denguen (pada hari 1-3 mulai demam) untuk mendeteksi infeksi akut disebabkan virus dengue.

Deteksi awal adanya infeksi dengan dengue sangat penting karena kita dapat melakukan terapi suportif dan pemantauan pasien dengan segera dan hasil ini tentunya akan mengurangi resiko komplikasi seperti demam berdarah dengue dan dengue shock syndrome yang dapat berakibat kematian.

Pemeriksaan demam berdarah dengue ini dapat dilakukan dengan tes laboratorium. Beberapa tes berbeda yang dapat anda lakukan :

  • Satu tes (isolasi virus) mengisolasi (atau memisahkan) virus dengue dalam kultur (atau sampel) sel.
  • Pemeriksaan lain yang dilakukan untuk mencari asam nukleat dari virus penyebab penyakit demam berdarah tersebut. Tes kedua yang dilakukan disebut dengan reaksi rantai polimerase (PCR).
  • Tes ketiga adalah dengan mendetaksi atau mencari antigen dari virus tersebut. Tes yang dilakukan untuk mencari antibodi di dalam darah yang dibuat oleh tubuh untuk memerangi virus dengue yang diderita.

Sekedar cacatan untuk anda bahwa pemeriksaan demam berdarah dengue dengan tes laboratorium ini hanya dapat mendiagnosis demam dengue selama fase akut (awal) dari penyakit tersebut. Apabila dengue masih dalam tahap awal penyakit pada penderitanya, semua hasil tes laboratoriun yang mungkin dilakukan mungkin akan menunjukkan hasil yang negatif yang berarti bahwa hasil tes tersebut tidak menunjukkan bahwa pasien menderita penyakit demam berdarah dengue. Namun, tes antibodi dapat memastikan bahwa orang tersebut menderita dengue dalam fase berikutnya dari infeksti tersebut. Tubuh membuat antibodi yang secara khusus memerangi virus dengue setelah 5 hingga 7 hari.

Gejala Penyakit Demam Berdarah

Gejala awal yang terjadi pada penderita penyakit demem berdarah antara lain :

  • Tubuh penderita yang mendadak panas tinggi yang dialami selama 2 hingga 7 hari. Pada saat yang bersamaan penderita akan tampak lemah lesu suhu badan antara 38ºC sampai 40ºC atau bahkan bisa lebih tingga dari itu.
  • Terkadang penderita demam berdarah akan mengalami pendarahan pada hidung atau yang sering kita kenal dengan sebutan mimisan.
  • Tampak bintik-bintik merah yang muncul pada permukaan kulit dan jika kulit penderita direnggangkan bintik merah itu tidak hilang atau tetap terlihat.
  • Penderita mungkin akan terjadi muntah darah atau berak darah
  • Pemeriksaan demam berdarah dengue melalui Tes Torniquet yang menunjukkan hasil yang positif
  • Mengalami perdarahan yang petekia, akimosis atau purpura
  • Kadang-kadang penderita akan merasakan nyeri ulu hati, karena terjadi perdarahan di lumbung

Penanganan Demam Berdarah Dengue

Penanganan demam berdarah dengan menggunakan obat medis memang penting dilakukan untuk menunjang pemeriksaan demam berdarah dengue yang menyerang tubuh penderita. Namun, memang tidak dapat dipungkiri bahwa ada beberapa keterbatasan yang dimiliki oleh obat medis atau penanganan yang dilakukan secara medis. Berikut beberapa keterbatasan penanganan medis yang mungkin dapat dilakukan untuk mengatasi penyakit demam berdarah dengue :

  • Beberapa obat medis yang mungkin dapat dikonsumsi atau yang digunakan memiliki efek samping. Salah satu efek samping yang mungkin akan muncul jika obat medis yang anda konsumsi adalah dapat menyebabkan alergi pada penderita yang sensitif terhadap obat medis.
  • Obat medis yang digunakan untuk penderita penyakit demam berdarah mungkin kurang tepat.

Jika anda ingin mengatasi penyakit demam berdarah dengue secara efektif, mungkin anda bisa menggunakan penanganan yang alami seperti :

  • Perbanyak minum 1,5 sampai 2 liter air putih dalam sehari untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang akibat dehidrasi saat demam berdarah.
  • Makan makanan yang sehat dan mengandung gizi yang tinggi seperti : angkak yang mungki dapat anda olah menjadi sup, bubur yang dapat menyediakan sumber energi bagi tubuh pasien penderita penyakit demam berdarah, dan jiga telur yang mengandung banyak nutrisi protein yang dibutuhkan oleh tubuh pasien.
  • Menggunakan ramuan tradisional untuk penyakit demam berdarah. Bahan-bahan yang perlu disiapkan adalah 5 lembar daun pepaya, temulawak, gula merah, meniran, dan air secukupnya. Rebus semua bahan dalam air yang sudah disediakan hingga mendidih. Saring ramuan dan minum airnya selagi masih hangat. Anda dapat mengkonsumsi ramuan daun pepaya ini hingga penyakit demam berdarah anda sembuh.

Pencegahan Penyakit Demam Berdarah

Pencegahan yang dapat anda lakukan untuk mengurangi resiko terserangnya penyakit demam berdarah ini adalah dengan :

  • balikkan wadah kosong yang mampu untuk menampung air sehingga mencegah kemungkinan untuk menampung air yang tidak terpakai oleh anda.
  • Menggunakan obat nyamuk oles atau bakar baik di siang hari maupun di malam hari.
  • Tutup tempat sampah yang sedang tidak digunakan. Tempat sampah seperti ini akan menjadi tempat bersembunyinya nyamuk dan beberapa jenis serangga lainnya.
  • Pastikan jendela dan pintu dalam rumah anda tidak memiliki lubang kecil sehingga memberikan jalan masuk untuk nyamuk dan pastikan pula ventilasi pada rumah anda memiliki penyaring yang berfungsi untuk mencegah nyamuk masuk ke dalam rumah.

Pemeriksaan Demam Berdarah Dengue 


=====================================

>>> Propolis Melia Nature Untuk Mengobati Demam Berdarah dan Penyakit Lainnya, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Uncategorized and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *