Pencegahan Demam Berdarah

Pencegahan Demam Berdarah dapat dimulai dari lingkungan sekitar.

Penyakit demam berdarah adalah penyakit yang sudah akut yang disebabkan oleh virus dengue yang ditularkan oleh nyamuk aedes aegypti.

Demam berdarah dapat dicegah dengan memberantas jentik-jentik nyamuk yang ada. Upaya pencegahan ini merupakan cara yang terbaik, ampuh, murah, mudah, dan dapat dilaukan oleh masyarakat.

Pencegahan Demam Berdarah 

Cara-cara yang dapat dilakukan guna untuk mencegah penyakit demam berdarah tersebut adalah sebagai berikut :
1. Bersihkan (kuras) tempat penyimpanan atau penampungan air (bak mandi/WC, drum dan lain-lain) yang ada di rumah anda sekurang-kurangnya seminggu sekali. Gantilah air di vas, tempat minum burung, perangkap semut, dan lain-lain sekurangnya seminggu sekali untuk Pencegahan Demam Berdarah.
2. Tututplah rapat-rapat tempat penyimpanan atau penampungan air, seperti tempayan, drum dan lain-lain agar nyamuk tidak dapat masuk dan meletakkan telurnya untuk berkembang biak di dalam tempat itu.
3. Kubur atau buanglah pada tempatnya barang-barang bekas, seperti kaleng bekas, ban bekas, botol-botol pecah, dan lain-lain yang memungkinkan barang tersebut dapat menampug air hujan, agar tidak menjadi tempat untuk berkembang biak nyamuk penyebar virus dengue tersebut. Potongan bambu, tempurung kelapa, dan lain-lain agar dibakar bersama sampah lain.
4. Tutuplah lubang-lubang yang ada di pagar pada bambu dengan tanah atau adukan semen untuk menghindari adanya genangan air
5. Lipat pakaian/kain yang bergantungan dalam kamar agar nyamuk tidak hinggap dan bersembunyi disitu.
6. Untuk tempat-tempat air yang tidak mungkin atau sulit dikuras, taburkan bubuk abate ke dalam genangan air tersebut. Penaburan bubuk abate ini dapat anda ulangi setiap 2-3 bulan sekali sebagai Pencegahan Demam Berdarah yang sudah jelas dilakukan setiap bulannya.

Penyebab Demam Berdarah

Virus dengue ini disebabkan karena terjadinya gangguan pada pembuluh darah kapiler dan sistem pembekuan darah. Kondisi ini pada waktunya akan menyebabkan penderitanya mengalami pendarahan. Pendarahan yang dimaksud dari penyakit ini adalah seperti pendarahan ringan dengan munculnya bercak merah pada kulit yang menjadi salah satu ciri khas penyakit demam berdarah dengue ini. Penyebab lainnya yang mungkin menjadi pemicu terserangnya penyakit ini adalah dari lingkungan sekitar yang kurang bersih atau kurang sehat, daya tahan tubuh yang lemah, atau sistem kekebalan tubuh anda yang kurang. Untuk Pencegahan Demam Berdarah  anda perlu membiasakan diri mengkonsumsi makanan yang bergizi dan selalu menjaga kebersihan rumah anda.

Gejala Demam Berdarah

Gejala dari penyakit demam berdarah ini biasanya akan mulai muncul setelah penderita melewati masa inkubasinya. Adapun gejala yang muncul adalah :

– Kenaikan suhu tubuh pada penderita yang terjadi secara mendadak dan tiba-tiba yang mungkin akan terjadi selama 2 hingga 7 hari. untuk gejala ini Pencegahan Demam Berdarah yang dapat anda lakukan untuk penderita adalah dengan mengompres dingin pada kepala penderita atau dapat juga dengan memberikan obat penurun panas.

– Penderita akan menggigil yang disertai dengan nyeri pada kepala dan punggung yang terjadi pada awal gejala

– Lakukan uji torniquet jika sudah mulai tambak bercak merah pada kulit dan uji tes laboratoriun untuk melihat kadar trombosit dalam darah.

– Tekanan darah yang menurun hingga menyebabkan penderita mengalami shock.

– Tampak bintik merah yang menjadi tanda dari pecahnya pembuluh darah. Dengan membawa penderita kerumah sakit akan menjadi Pencegahan Demam Berdarah yang mungkin dapat anda lakukan agar penderita mendapatkan pengobatan yang lebih lanjut.

Perawatan Demam Berdarah

Untuk membantu proses penyembuhan atau pemulihan dari penderita penyakit demam berdarah ini dan mungkin dapat juga digunakan sebagai pencegahan demam berdarah agar tidak semakin parah, penderita membutuhkan makanan dan minuman yang memiliki kandungan gizi yang tinggi dan memiliki banyak khasiat untuk penyakit demam berdarah ini seperti :

1. Mengkonsumsi Buah Jeruk

Jeruk menjadi buah yang sangat baik dikonsumsi oleh penderita penyakit demam berdarah karena mengandung banyak vitamin C yang dapat digunakan tunk meningkatkan zat antibodi dalam tubuh.

2. Beras Angkak

Angkak adalah jenis besar putih tertentu yang di fermentasi dengan monascus purpureus. Monascus purpureus yakni sejenis kapang atau jemur yang digunakan untuk kepentingan dalam ilmu medis dan bahan pewarna alami buatan. Angkak ini memiliki manfaat untuk melancarkan dan menstabilkan peredaran darah dalam tubuh.

3. Telur

Telur yang didapat dari semua jenis ayam atau bebek mengandung banyak protein yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita.

4. Bubur

Dengan mengkonsumsi bubur kita dapat mencoba untuk melawan virus demam berdarah yang sedang menyerang tubuh. Bubur juga dapat menyediakan sumber energi bagi tubuh pasien penderita penyakit demam berdarah.

5. Jus lemon

Jus lemon dapat anda gunakan untuk membantu mengeluarkan virus dengue melalui urin dan dapat mengurangi beban dalam tubuh agar penyakit demam berdarah penderita dapat segera sembuh.

6. Jus Buah

Jus dari buah-buahan yang mengandung kaya akan vitamin C yang juga dapat memberikan manfaat bagi sistem kekebalan tubuh atau antibodi. Zat antibodi sangat diperlukan pada penderita penyakit demam berdarah karena dapat membantu proses penyembuhan dari penderita itu sendiri. Buah yang kaya akan vitamin C ini seperti buah kiwi, anggur, jeruk, jambu merah biji, dan pepaya.

Pencegahan Demam Berdarah


=====================================

>>> Obat Demam Berdarah Membantu Mengatasi Demam Berdarah, Meningkatkan Trombosit, dan Menguatkan Kekebalan Tubuh Alami, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Penyakit Demam Berdarah and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>