Pengobatan Demam Berdarah

Hal pertama yang harus dilakukan ketika terserang atau akan memberikan pertolongan pengobatan demam berdarah bukanlah dengan serta merta kita membawanya kerumah sakit.
Beberapa hal dibawah ini merupakan urutan pengobatan yang mungkin bisa dilakukan pada tahap awal terjadinya serangan, yaitu :
1. Pertolongan pertama yang penting memberi minum sebanyak mungkin untuk menghindari terjadinya kekurangan cairan tubuh atau dehidrasi pada penderita penyakit demem berdarah
2. Kompres kepala penderita dengan kain atau handuk kecil yang sudah dibasahi dengan air es atau air dingin
3. Beri obat penurun panas untuk membantu demam dan pusing yang dirasakan oleh penderita
4. Segera bawa penderita penyakit demam berdarah ke dokter atau puskesmas terdekat untuk diperiksa dan dilakukan pengobatan yang tepat untuk penyakit yang di derita

Pengobatan Demam Berdarah

Bagian terpenting dari pengobatan demam berdarah adalah terapi suportif. Pasien penderita demam berdarah disarankan untuk selalu menjaga penyerapan makanan, terutama dalam bentuk cairan.

Jika hal itu tidak dapat dilakukan, penambahan dengan cairan intravena mungkin diperlukan untuk mencegah dehidrasi dan homokonsetrasi yang berlebihan.
Tranfusi platelet dilakukan jika jumlah platelet menurun drastis .Pengobatan alternatif yang umum dikenal adalah dengan meminum jus jambu biji bangkok, namun khasiatnya belum pernah dibuktikan secara medis
Akan tetapi, pengobatan demam berdarah menggunakan jambu biji kenyataanya dapat mengembalikan cairan intravena dalam tubuh. Meskipun demikian, kombinasi antara manajemen yang dilakukan secara medik dan alternatif harus tetap dipertimbangkan.

Pengobatan yang mungkin akan didapat penderita di rumah sakit atau dipuskesmas adalah obat penurun panas dan tambahan cairan menggunakan infus.

Pengobatan demam berdarah lainnya yang mungkin dapat anda lakukan untuk penderita penyakit demam berdarah adalah salah satunya dengan menggunakan beras angkak. Menurut wikipedia, angkak adalah beras putih jenis tertentu yang di biakkan atau di fermentasi dengan sejenis ragi khusuh selama beberapa hari sehingga mengubah warna dari beras yang putih menjadi merah. Besar angkak ini telah dikenal dan digunakan untuk campuran rempah masakan dan herbal kesehatan. Manfaat angkak ini salah satunya adalah dapat menaikkan trombosit dalam darah secara signifikan. Efek yang ditimbulkan dari angkak ini pada penderita demam berdarah yang sangat cepat, tidak perlu menunggu beberapa hari untuk melihat hasilnya.

Ada 2 cara untuk mengkonsumsi angkak sebagai obat demam berdarah :

Cara 1. Pengobatan Demam Berdarah

Meminum seduhan angkak. Seduh 1 sendok makan angkak dengan 2 gelas air. Tunggu sebentar hingga warna air seduhan menjadi merah. Lalu minum seduhan tersebut untuk membantu menaikkan trombosit dalam darah penderita. Barapa kali pemberian seduhan angkak untuk penderita tidak ada batasannya. anda bebas memberikan seduhan angkak ini pada penderita. Namun pemberian air putih juga harus terus dilakukan agar penderita tidak mengalami dehidrasi.

Cara 2. Pengobatan Demam Berdarah

Mengolah beras angkak menjadi sup. Rebus ayam hingga mengeluarkan kaldu, lalu tambahkan 1 sendok makan angkak. Angkak yang digunakan jangan terlalu banyak karena akan menyebabkan rasa sup menjadi pahit. Tambahkan lada dan garam secukupnya sebagai penambah rasa. Selagi anda menunggu sup anda mendidih anda bisa menumis bawang putih dengan minyak wijen dan masukkan ke dalam sup tersebut. Setelah sup matang angkat dan siap untuk diberikan pada penderita demam berdarah.

Selain menggunakan cara-cara yang sudah dijelaskan diatas anda juga dapat menggunakan bahan yang herbal untuk pengobatan penyakit demam berdarah.

Tanaman herbal yang dimaksud adalah pohon daun meniran. Khasiat lain yang dapat diambil dari daun meniran ini adalah dapat digunakan untuk pelarut asam urat dan batu ginjal, antidiabetes, antikanker, dan masih banyak lagi khasiat lainnya. Untuk penyembuhan demam berdarah ini tidak hanya daun meniran saja yang dibutuhkan, namun ada bahan lainnya yang dibutuhkan sebagai pelengkap dari ramuan ini.

Bahan yang dibutuhkan adalah 4 pohon daun meniran, 3 buah temuireng, 4 buah kunyit, 2 lembar daun pepaya, dan garam secukupnya. Cara pembuatannya adalah bersihkan semua bahan yang sudah disediakan. Campurkan semua bahan menjadi satu dan di blender. Tambahkan 1 gelas air masak dan aduk hingga merata. Peras dan saring ramuan tersebut untuk diambil sarinya saja. Tambahkan garam secukupnya dan minumkan pada penderita setiap 4 jam sekali sampai penderita penyakit demam berdarah ini pulih.

Pencegahan Demam Berdarah

Pencegahan mungkin akan lebih baik jika anda lakukan dibandingkan dengan pengobatan demam berdarah. Untuk pencegahan anda dapat melakukan cara berikut :

– Jangan membiarkan wadah apapun di genangi air. Bersihkan wadah yang mungkin dapat digenangi air seperti pot bunga, ember dan wadah lainnya. Gantilah air yang ada di dalam bak mandi anda secara rutin. Apabila tempat penampungan air yang ada dirumah anda memang harus tergenang dalam waktu yang lama, sediakan penutup yang rapat.

– Balikkan semua wadah kosong yang ada yang mampu menampung air sehingga mencegah kemungkinan untuk menampung air.

– Gunakan obat anti nyamuk baik oles maupun bakar yang anda gunakan setiap hari di siang dan malam hari untuk mencegah gejala demam berdarah.

– Pastikan jendela dan pintu rumah anda tidak terdapat lubang yang menjadi jalan nyamuk untuk masuk kedalam rumah.

– Bersihkan kamar dari baju atau kain yang bergelantungan yang memungkinkan nyamuk akan hinggap dan bersembunyi di kain tersebut.

– Letakkan tanaman tilasi di dekat jendela rumah anda karena tanaman ini memiliki sifat yang mampu untuk mencegah nyamuk masuk ke dalam rumah.

Pengobatan Demam Berdarah 


=====================================

>>> Propolis Melia Nature Untuk Mengobati Demam Berdarah dan Penyakit Lainnya, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Penyakit Demam Berdarah and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *