Penyakit Demam Berdarah

Apabila melihat negara tetangga, Malaysia, Singapura, dan Vietnam, mungkin warga Indonesia hanya bisa menggigit jari. Karena di negara-negara tersebut ternyata sudah berhasil mencanangkan bebas demam berdarah.
Keberhasilan itu bisa didapat karena perhatian pemerintah terhadap masalah kesehatan lingkungan sangat tinggi. Di Singapura, masalah kesehatan lingkungan bahkan sudah dimasukkan ke dalam peraturan pemerintah, diantaranya bahwa pemilik rumah yang terdapat jentik nyamuk akan dikenakan denda maksimal $2.000 Singapura atau setara dengan rp. 11,2 juta.
Rupanya negara tetangga yang terkenal dengan kebersihan dan kerapihannya itu pada tahun 2005 pernah di landan wabah Demam Berdarah Dengue (DBD) atau Dengue Hemmorhagic Fever . Saat itu, 14.209 orang terjangkit dan 19 diantaranya meninggal .
Itulah peristiwa terburuk bagi Singapura.

Melihat kenyataan tersebut pemerintah Singapura bersama-sama masyarakat segera melakukan pemeriksaan ke kompleks perumahan, apartemen, dan pusat perbelanjaan. Ternyata sebagian besar nyamuk Aedes Aegypti bersarang di air jernih yang tergenang pada pot bunga yag tersebar hampir diseluruh negeri berpenduduk 4,5 juta jiwa.

Pemerintah Singapura segera menerapkan aturan ketat, minimal dua hari sekali Health Inspector, atau petugas kesehatan memeriksa jentik nyamuk yang ada di poy-pot bunga tersebut. Demikian juga para ilmuwan dan lembaga-lembaga di Singapura, sibuk melakukan penilitian, dan hasilnya luar biasa, hanya kurang dari satu tahun, Masyarakat Singapura dapat menikmati hasilnya, bebas dari gigitan nyamuk demam berdarah. Bagaimana dengan Indonesia ?
Kini kasus demam berdarah sudah menjadi perhatian Internasional, dengan jumlah kasus diseluruh dunia mencapai 50 juta orang pertahun.
Namun di Indonesia penyakit yang satu ini tidak begitu mengalami perkembangan positif. Bahkan hingga maret 2004 sudah 12 provinsi di nyatakan sebagai daerah KLB (Kejadian Luar Biasa). Menurut Kasubdin P2-P&PL Dinas Kesehatan Kota Bandung, dr. Chadidjah Thaib, M.Sc, sejak Januari-Oktober 2005, terjadi peningkatan jumlah kasus dan kematian dari warga kota Bandung akibat penyakit DBD, tercatat jumlah penderita sebanyak 2.558 orang dan meninggal 27 orang.
Jumlah kematian akibat DBD bisa bertambah kalau warga masih belum memiliki kesadaran yang tinggi menyangkut kesehatan dan kebersihan lingkungan (Pikiran Rakyat, 15 Oktober 2005)


=====================================

>>> Obat Demam Berdarah Membantu Mengatasi Demam Berdarah, Meningkatkan Trombosit, dan Menguatkan Kekebalan Tubuh Alami, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Penyakit Demam Berdarah and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>