Penyakit Demam Berdarah

Penyakit demam berdarah adalah penyakit akut yang disebabkan oleh infeksi virus yang dibawa oleh nyamuk Aedes Aegypti dan Aedes Albopictus betina yang umumnya menyerang pada musim kemarau dan musim hujan. Virus tersebut menyebabkan gangguan pada pembuluh darah kapiler dan pada sistem pembekuan darah sehingga mengakibatkan pendarahan.

Penyebab Penyakit Demam Berdarah

Mekanisme pertama, transmisi vertikal dalam tubuh nyamuk. Virus dapat ditularkan oleh nyamuk betina pada telurnya, yang nantinya akan menjadi nyamuk.
Virus juga dapat ditularkan dari nyamuk jantan pada nyamuk betina melalui kontak seksua. Mekanisme kedua, transmisi virus dari nyamuk ke dalam tubuh mahluk vertebrata dan sebaliknya. Yang dimaksud dengan mahluk vertebrata disini adalah manusia dan kelompok kera tertentu.

Nyamuk sendiri mendapatkan virus ini pada saat menggigit manusia sebagai mahluk vertebrata yang saat itu darahnya sedang mengandung virus dengue. Virus yang sampai ke dalam lambung nyamuk akan mengalami replikasi atau memecah diri untuk berkembang biak, kemudian akan bermigrasi dan akhirnya sampai di kelenjar ludah.

Virus memasuki tubuh manusia lewat gigitan nyamuk yang menembus kulit. Aedes Aegypti betina bersifat intermittent feeder, yaitu melakukan pengisapan darah berulang kali sebelum merasa kenyang. Sifat inilah yang menjadi penyebab nyamuk Aedes Aegypti dalam saat yang sama dapat menginfeksi beberapa orang dalam satu keluarga atau dalam area yang berdekatan.

Empat hari kemudian virus akan mereplikasi dirinya secara tepat. Apabila jumlahnya sudah cukup, virus akan memasuki sirkulasi darah, dan mulai saat itulah manusia yang terinfeksi akan mengalami gejala panas.

Namun reaksi tubuh manusia terhadap virus ini dpaat berbeda. Perbedaan reaksi ini juga akan memanifestasikan perbedaan penampilan gejala klinis dan perjalanan penyakit.

Gejala Penyakit Demam Berdarah

Gejala-gejala penyakit demam berdarah yang timbul setelah masa inkubasi 3 hingga 5 hari sejak seorang penderita terserang virus dengue. Berikut ini adalahbeberapa gejala yang akan muncul pada senderita :

  • Tanpa sebab yang jelas suhu badan penderita akan naik hingga 40 derajat celcius yang disertai dengan demam dan panas selama 2 hingga 3 hari berturut-turut. Demam yang muncuk kadang disertai dengan bintik merah namun kadang juga tidak. Bintik merah akan jelas terlihat apabila dilakukan pemeriksaan dengan uji torniquet.
  • Demam yang tidak kunjung sembuh meskipun sudah diberikan obat penurun panas. Pada penderita penyakit ini panas yang dialami bisa naik dan bisa turun, bisa juga tidak turun sama sekali sepanjang hari.
  • Muncul perasaan menggigil, hilangnya nafsu makan dan minum yang disertai dengan rasa mual yang akan mendorong penderita untuk muntah. Adakalanya penderita juga akan merasakan nyeri di kepala.
  • Nafas penderita yang tidak beraturan dan terasa sedikit sesak nafas akibat adanya cairan yang berhenti di dada.
  • Penderita kadang akan merasakan nyeri pada saat menggerakkan bola matadan nyeri punggung pada awal gejala.
  • Otot di seluruh bagian tubuh penderita akan terasa pegal dan nyeri.
  • Buang air besar berwarna hitam dan keras. Gejala penyakit demam berdarah yang satu ini akan muncul jika trombosit sudah mulai rendah kira-kira di bawah 100.000/mm3. Kadar trombosit dalam darah penderita dapat diketahui melalui tes darah di laboratorium.

Pengobatan Penyakit Demam Berdarah

Apabila penderita sudah positif terserang virus dengue maka dokter akan meminta penderita untuk dirawat inap dirumah sakit. Pengobatan pertama yang mungkin akan diberikan untuk penderita adalah cairan infus yang berfungsi untuk mengencerkan darah dalam tubuh. Selain pemberian infus dokter juga akan memberikan obat penurun demam untuk membantu pasien mengurangi suhu tubuh dan pusing yang dirasakan.

Pengobatan lain yang dapat diberikan untuk penderitta salah satunya adalah dengan menggunakan ramuan tradisional. Berikut beberapa resep ramuan yang mungkin dapat membantu penderita sebagai pengobatan penyakit demam berdarah :

Resep 1. Jambu Biji Merah

Obat trasidional yang pertama anda dapat menggunakan buah jambu biji merah. Jambu biji merah adalah buah yang dipercaya untuk dapat membantu anda untuk menaikkan trombosit tubuh penderita yang menurun. Jambu biji mengandung vitamin C yang cukup tinggi yang erfungsi untuk memperkuat daya tahan tubuh.

Resep 2. Sambiloto

Resep yang kedua untuk pengobatan demam berdarah dengue ini anda dapat menyiapkan 60 gram daun sambiloto dan 400 cc air bersih. Cara pembuatan ramuan ini adalah dengan mencuci bersih daun sambiloto yang sudah disediakan. Rebus dengan menggunakan 400 cc air bersih, tunggu hingga mendidih dan airnya tersisa setengahnya. setelah ramuan matang anda dapat memberikan pada penderita dalam kondisi hangat sebanyak 2 kali dalam sehari.

Resep 3. Besar Angkak

Angkak adalah beras putih yang sudah melalui proses fermentasi selama beberapa waktu. Angkak ini termasuk obat tradisional yang sudah terbukti dapat meningkatkan trombosit pada penderita penyakit demam berdarah dengan sangat siknifikan. Untuk penggunaan angkak ini anda membutuhkan 1 sendok makan angkak dan 2 gelas air mendidih. Masukkan angkak dalam air mendidih dan diamkan hingga warna air berubah menjadi merah seperti beras angkak. Angkak yang anda masukkan tidak perlu terlalu banyak karena akan merubah rasa air yang akan diberikan pada penderita. Anda dapat memberikan air angkak ini pada penderita sebanyak 2 kali dalam sehari setiap pagi dan sore hari.

 Penyakit Demam Berdarah


=====================================

>>> Propolis Melia Nature Untuk Mengobati Demam Berdarah dan Penyakit Lainnya, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Penyakit Demam Berdarah and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *